23 April 2011

"Um.." Bantu Balita Belajar Bahasa




: Jeda kata tak selamanya buruk. Orangtua yang tidak lancar mengatakan sesuatu biasanya ada jeda kata 'Um' (seperti menggumam) atau 'Uh' (dibaca: Eh) serta jeda lainnya. Namun ini bermanfaat bagi balita. Omongan ragu-ragu Um dan Uh tersebut dapat membantu mereka belajar bahasa lebih baik.

Peneliti dari University of Rochester mencontohkan orangtua yang sedang mengajar balita tentang nama-nama hewan. Jika orangtua berkata soal badak, seperti "Lihatlah, uh, uh, badak," dapat menjadi sinyal kepada anak untuk mengajarkan sesuatu yang baru, sehingga mereka harus memperhatikan.

Penelitian dilakukan oleh ilmuwan kognitif Richard Aslin, Celeste Kidd, dan Katherine White dari University of Rochester.

Untuk penelitian ini, mereka memeriksa tiga kelompok balita antara usia 18 dan 30 bulan. Anak-anak diminta untuk duduk di pangkuan orangtua mereka di depan monitor dengan alat pelacakan.

Dua gambar muncul di layar, salah satunya benda yang akrab (seperti bola) dan yang satu memiliki gambar yang dibuat-buat (yang diberi nama yang asing). Sebuah rekaman suara berbicara tentang objek. Para peneliti menemukan bahwa ketika suara tersandung dan berkata, "Lihatlah, um..." hampir 70 persen anak melihat gambar yang dibuat lebih sering daripada gambar yang sudah akrab.

Peneliti mengatakan efeknya hanya signifikan pada anak lebih dari 2 tahun. Para peneliti beralasan bahwa anak-anak yang masih kecil belum belajar bahwa ketidaklancaran cenderung mendahului kata-kata baru atau asing. Begitu juga dengan anak usia 2 dan 3 tahun yang biasanya pada tahap perkembangan di mana mereka dapat membentuk kalimat kecil dan memiliki kosakata dari beberapa ratus kata. Para peneliti mengatakan ini adalah berita baik bagi orangtua yang mengira mereka contoh buruk bagi anak-anak mereka.

"Kami tidak menganjurkan bahwa orangtua menambah jeda mereka, tapi saya pikir itu bagus bagi mereka untuk tahu bahwa menggunakan verbal jeda adalah oke dan informatif," kata Celeste Kidd.(Ivanhoe/MEL)

0 komentar:

Posting Komentar